Senin, 13 November 2017

Sebelum Dilombakan, Inilah Perawatan Lovebird yang Harus Dilakukan

Sebelum Dilombakan, Inilah Perawatan Lovebird yang Harus Dilakukan - Saat ini latber sangat menjamur  di berbagai daerah dan membawa angin segar bagi para kicau mania, untuk mendidik burung peliharaan mereka  agar ketemu rawatan maupun settingannya. Maraknya pecinta burung berkicau di tanah air ini, terbukti dengan lomba  burung berkicau yang hampir setiap harinya selalu diadakan, baik itu yang  latber, latpres maupun lomba besar lainnya yang selalu tidak pernah sepi oleh para kicau mania, terlebih di peminat salah satu burung berjenis paruh bengkok ini atau sering disebut burung Love Bird selalu menjadi sorotan di setiap perlombaanya.

Sebelum Dilombakan, Inilah Perawatan Lovebird yang Harus Dilakukan
Hampir di setiap tempat perlombaannya selalu penuh antusias oleh para love bird mania, burung yang dinilai dari segi bunyinya yang panjang atau sering di sebut ngekek, serta harus selalu duduk di atas tangkringan membuat beberapa para love bird mania harus ekstra mencari settingannya, karena bagi mereka tidak mudah untuk membuat burung love bird ngekek panjang di saat perlombaanya. Hal ini yang selalu menjadi permasalahan oleh para love bird mania dalam mencetak burung lovebird yang sangat bagus ngekeknya  dengan berada di tangkringan sangat membutuhkan extra dalam perawatannya.

Stamina dan kestabilan birahi burung love bird agar selalu dalam kondisi yang top perfoma sehingga mau ngekek di atas gantangan, dari berbagai kutipan narasumber terdapat salah satu love bird mania, pasalnya di setiap penampilanya, Lovebird Mel-C selalu menunjukan aksinya yang mewah, dengan durasi yang panjang, aktif, serta selalu duduk di atas tangkringan itu merupakan idaman para kicau mania.

Rawatan Harian :

Perawatan burung Lovebird dimulai Ppagi hari burung selalu diembunkan  mulai jam 05.00  udara yang masih mengandung embun  sangat baik  untuk menjaga vitalitas maupun kestabilan  birahi dari burung itu sendiri. Ketika menjelang mata hari terbit, lepas pakan dan minumnya kemudian burung di mandikan dengan disemprot spray air mandinya, bersihkan sangkar dari kotoran juga sisa sisa makanannya, agar sangkar tidak jadi sarang kuman atau pun bakteri yang lainnya.

Setelah itu lalu di angin anginkan burung serta masukan kembali wadah pakan dan berikan pakan bijian milet putih serta masukan wadah minumnya berikan beberapa tetes multivitamin bermineral. Setelah burung diberi multivitamin usahakan burung ditaruh dalam ruangan  agar  terhindar dari angin maupun sinar matahari yang bisa membikin rusak kandungan yang ada didalamnya. Burung dikrodong dimasteri dengan burung lovebird yang durasi ngekeknya panjang, burung kenari serta juga dimaster dengan belalang raja.

Pola Perawatan Lomba :

H-1 : Pakan diganti dengan pakan bijian pakan lovebird, pakan ini sangat cocok buat burung lomba sebab didalamnya terbuat dari biji-bijian yang berkualitas, ada extra sayur mayur, ada vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk persiapan lomba, serta berikan asupan multivitamin bermineral yang di campurkan  ke dalam air minumnya.

H : pagi hari burung di mandikan, lalu di jemur selama 10 menit, kemudian kembali di berikan multivitamin yang dicampurkan ke wadah air minumnya, lalu dikerodong kembali dan siap di bawa ke arena lapangan.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat oleh para kicau mania, terutama bagi love bird mania dimana pun berada. Bagi rekan rekan kicau mania Bojonegoro dan sekitarnya yang ingin dimuat di blog Gapura BC  tentang breeding, pola perawatan dan burung jawara yang anda miliki, bisa hubungi di Nomer Telp / WA 085230874229 [gapura bc] 

0 komentar

Posting Komentar